Kata f ashion diadobsi dari bahasa I nggris yang berarti mode, cara, gaya, model dan kebiasaan. Menutut istilah, fashion ialah gaya b...
Kata fashion diadobsi dari bahasa Inggris yang berarti mode,
cara, gaya, model dan kebiasaan. Menutut
istilah, fashion ialah gaya berpakaian yang populer dalam
suatu budaya. Fashion dipandang
sebagai penumpahan karakteristik
untuk mengekspresikan hasrat dan kreativitas diri. Fashion
menjadi begitu penting untuk dibahas karena ia sangat berhubungan dengan salah
satu dari tiga kebutuhan primer manusia, sandang. Maka tak perlu
dipertanyakan lagi tentang seberapa
penting fashion dalam mewarnai kehidupan manusia di sepanjang zaman.
Perkembangan fashion busana dari
zaman ke zaman tidak lepas dari tuntutan gaya hidup manusia serta pengaruh perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi. Media menjadi salah satu bagian yang begitu penting dalam
perkembangan fashion. Dengan media, orang bisa tahu fashion apa yang sedang
trend atau populer di zaman ini. Media itu sendiri memiliki andil besar dalam
perubahannya. Hal itu bisa dilihat dari fakta bahwa kebanyakan orang akan
bersandar pada media untuk mengetahui fashion apa yang cocok untuk dikenakan
atau untuk sekedar up
to date dengan mengetahui
fashion mana yang sedang populer sehingga dapat mengikuti
zaman.
Salah
satu media yang sangat berpengaruh pada dunia fashion adalah televisi. Maraknya penggunaan media ini dalam
lingkup masyarakat mampu mengubah trend fashion secara cepat. Adanya iklan dan
acara-acara televisi lainnya secara tidak langsung mempengaruhi dunia fashion.
Apalagi sekarang banyak muncul acara televisi yang khusus membahas tentang
trend fashion yang sedang populer. Tidak hanya itu, trend fashion yang sedang
populer di luar negeri pun juga ikut disajikan. Tips-tips berbusana yang keren
dan modis juga banyak dibahas sehingga masyarakat tak perlu susah untuk mengetahui
informasi fashion yang sedang berkembang saat ini.
Media
massa yang semakin berkembang dan variatif juga mempengaruhi perkembangan
fashion di zaman ini. Banyak kita temui majalah-majalah fashion yang membahas
informasi terbaru tentang fashion secara mendetail. Bahkan tak jarang di jumpai
di koran-koran beberapa artikel terbaru yang membahas tentang fashion. Media
ini bisa menarik banyak perhatian dari para pengikut fashion karena menyajikan
gambar-gambar yang menarik yang mudah ditiru dan dipraktekkan. Fashion yang
disajikan bukan hanya yang terbaru dan belum pernah dipopulerkan sebelumnya,
fashion-fashion lama yang diangkat kembali dan diberi sedikit variasi pun
banyak dibahas.
Selain
majalah, internet juga menjadi media handal bagi pecinta fashion untuk mencari informasi.
Dalam perkembangannya yang begitu pesat, internet menjadi incaran bagi para
pengikut fashion karena bisa diakses dari berbagai media seperti laptop, I-Pad,
handphone hingga gadget-gadget terbaru yang semakin hari semakin canggih.
Kemudahan yang didapat dari situs ini menyebabkan media ini menjadi alternatif
favorit bagi para pengikut fashion. Informasi yang didapatpun kebanyakan ialah
informasi yang lebih baru dari pada informasi yang dibahas di televisi maupun
majalah yang sudah terbit sebelumnya. Mereka dapat mengakses internet secara
cepat, kapanpun dan dimanapun sesuka mereka serta mendapat informasi yang fresh
dan up to date.
Tanpa
disadari media internet mampu mempengaruhi gaya dan cara berbusana. Dengan
maraknya situs jejaring sosial di internet mampu menarik perhatian bagi para
desainer dan penyedia busana untuk memanfaatkan media ini untuk memasarkan
produk. Tidak hanya untuk mengetahui trend terbaru yang sedang gres,
masyarakat juga mampu berbagi penampilan mereka secara online dan
mendapat respon secara langsung dari komunitas fashion itu sendiri. Sehingga
informasi trend fashion terbaru mampu berkembang cepat dan menyebar luas di
masyarakat. Mau tidak mau masyarakat pun mengikuti trend fashion yang ada dan
mampu mempengaruhi cara berpakaian mereka secara tidak langsung.
Trend
fashion tidak semata-mata muncul tanpa sebab atau faktor yang kuat di
Indonesia. Indonesia dikenal dengan negara dengan daya beli tinggi di Asia. Banyaknya
penduduk seakan ikut mendukung maraknya trend fashion di Indonesia.
Dengan
adanya media, masyarakat dapat mengetahui dan meniru gaya fashion idola mereka
masing-masing. Terbukti dengan trend fashion yang sedang menjadi pusat
perhatian di media-media maka akan menjadi acuan bagi masyarakat. Hingga
sebagian besar dari masyarakat masuk ke dalam area kapitalis meski tidak
semuanya terpengaruh.
Kapitalisme
adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital modal, yakni kekayaan
dalam segala jenisnya, termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi
barang lainnya.
Komoditas ini lahir dari peran media yang mempengaruhi
masyarakat sebagai konsumen sehingga mengikuti trend yang diciptakan oleh
merk-merk pakaian ternama di dunia. Di zaman modern seperti ini, komoditas ini
menjadi fenomena dengan adanya media yang ikut menyebarkan kapitalis. Kapitalisme
ini tidak hanya menguntungkan bagi produsen pakaian semata. Akan tetapi, media
ikut diuntungkan karena banyaknya masyarakat yang membeli media hanya sekadar
mengetahui informasi trend fashion terbaru.
Dilihat
dari perkembangan media, trend
fashion busana kini didominasi
oleh pengaruh
budaya bercampur agama. Trend
hijab modern dengan busana panjang yang tidak kalah keren dengan busana terbuka
ala barat kini menjadi favorit bagi kalangan muslimah yang tak mau lepas dari
fashionista (sebutan untuk
para penggila fashion). Mereka mencari berbagai informasi
mengenai fashion yang sedang mereka geluti melalui media, bisa dari majalah,
televisi, jejaring sosial, gambar maupun video yang diupload ke internet
atau youtube dan media lain yang kini semakin mudah dijangkau penggunaannya
bagi para konsumen fashion.
Maka
dari sini media memberi manfaat yang besar bagi para muslimah dengan
pengaruhnya yang bisa membawa begitu banyak dari mereka kembali menggunakan
busana panjang dan hijab tanpa merasa malu akan fashion barat yang sedang
populer. Kenyataannya,
mereka masih bisa ikut eksis dalam dunia fashion karena mengenakan busana muslimah yang tak
ketinggalan zaman.
Namun dari sudut pandang yang lain,
nyatanya busana muslimah yang sedang populer masih banyak yang belum memenuhi
kaedah syariat Islam
dalam menutup aurat. Mungkin karena pakaian tersebut terlalu memperlihatkan
bentuk tubuh meski sudah menutupi seluruh batasan aurat ataupun aspek-aspek lain
yang kurang begitu sejalan dengan syariat. Hal ini disebabkan karena
bercampurnya fashion yang sedang populer dari budaya barat yang serba terbuka dengan fashion muslimah
yang kekuatannya masih terlalu lemah untuk mengalahkan fashion Barat. Maka tak bisa
dipungkiri jika banyak busana muslimah yang masih dibumbui dengan pengaruh
budaya barat.
Trend fashion memang menjadi salah satu gejala sosial
yang nampak di tengah masyarakat. Apalagi dengan minimnya daya selektivitas
yang mencakup pertimbangan ketepatan dan kelayakan syar’i, menimbulkan kesan
seolah-olah masyarakat tidak memiliki trend fashion tersendiri. Terutama jika
fashion tersebut tidak sesuai dengan karakter masyarakat muslim. Padahal kita
memiliki potensi dan ciri khas dalam berbusana. Alangkah baik dan bijaksana
jika kita menggunakan trend fashion yang benar-benar terbingkai dengan konsep
syar’i sehingga masyarakat tidak dipandang sebagai korban mode semata.
Diadobsi dari
berbagai sumber.
COMMENTS