SUMBANGAN ISLAM TERHADAP DUNIA MEDIS

Banyak sumbangan tokoh-tokoh islam dalam dunia medis dibeberapa bidang kedokteran. Hal ini untuk menangkis asumsi  barat yang mengat...




Banyak sumbangan tokoh-tokoh islam dalam dunia medis dibeberapa bidang kedokteran. Hal ini untuk menangkis asumsi  barat yang mengatakan bahwa ilmu kedokteran modern hanya berasal dari mereka dan peranan bangsa arab hanyalah penyampai ilmu dari yunani purba tanpa mengalami perubahan sama sekali. Padahal asumsi mereka salah. Disini penulis akan berusha mengklarifikasikan asumsi mereka dengan menampilkan segelintir bukti-bukti yang akan ditulis dibawah ini. Yaitu diantaranya :
Al-Razi (Rhazes) 856-925 M
Beliau adalah perintis kedokteran psikomatik, yang didalamnya mementingkan keseimbangan rohani dan jasmani. Beliau adalah tokoh ulung yang mengenal “cacar” dengan baik dan tepat. Serta bisa membedakannya dengan penyakit “campak” (measisme). Kitab Al-Hawi yang merupakan jerih payah beliau, merupakan suatu ensiklopedia kedokteran yang praktis atau terapantik yang telah menjadi sumber rujukan penting dari abad 12-17 M.
Ibnu Sina (Avicenna) 980-1037 M
Dalam kurung satu tahun, beliau telah berhasil mengarang 7 buah buku yang semuanya berjumlah 456 buah. Qonnun al-Tibb yang terbagi menjadi enam jilid, mengandung satu juta pedoman. Termasuk didalamnya dasar-dasar umum ilmu kedokteran dan berbagai jenis obat-obatan yang berjumlah 760, disusun sebagai satu farmakopie. Kelebihan dari buku tersebut adalah, telah dijadikannya sebagai buku teks kedokteran yang paling populer, dan banyak dari berberbagai universitas di ranah Eropa yang memakainya selama enam abad. Beliaulah yang menjabarkan gejala penyakit seperti : diabetes, dan mengetahui tentang venerrologi(penyakit kelamin). Diantara perkataan beliau adalah : penyakit seperti TBC bisa menular melalui udara.
Al-Zahrawi (Abul Caesic) 936-1013
Beliau adalah seorang ahli bedah yang terkenal, selain mengetahui dan memahami ilmu kedokteran dan farmasi, beliau telah berhasil mengarang sebuah buku yang berjudul al-Tasrif ( kitab al-Zahrawi) yang terdiri dari dari tiga puluh bagian. Banyak Negara yang telah menterjemahkannya pada zaman renaissance (kemajuan) Eropa, baik itu ke bahasa Latin, Prancis, Spanyol maupun Helbrew. Dan beliau juga yang telah memperkenalkan pada dunia kedokteran 150 alat pembedahan. Di dalam kitab al-Tasrif sendiri, kurang lebih ada 200 jenis alat-alat operasi yang digambarkannya, seperti : penyupit, penebule, gunting, pencakup, pisau alat kanteri, dan lain-lain.
Ibnu al-Qaff 1233-1286 M
Beliau adalah salah satu tokoh pakar bedah Islam yang terkenal. Hasil karya beliau yang berjudul al-Umdah fi al shina’ah al-jurahah (the authority of surgery) terdiri dari 28 pasal. Beliau juga yang membicarakan masalah pentingnya anatanomi dalam pembedahan serta beberapa teknik dan alat-alatnya.
Abu Marawan Abdul Malik/ Ibnu Zuh (Avezoar) 1161 M
Pada zaman renaissance Eropa, kitab beliau yang berjudul Kitab at-Taysir fi al-murawah wa at-tadbir (facilitation of treatment) telah diterjemahkan ke bahasa Latin. Disitu mengandung uraian yang panjang mengenai  scabies pericarditis” pengeluaran batu karang, penyakit telinga tengah, dan lain-lain.
Al-Majusi, Ali Ibnu Al Abbas
Beliau lebih terkenal sebagai “Bapak Farmakologi” yang telah berhasil menemukan analgesik (narkotik yang bisa menghilangkan rasa sakit). Hasil karya beliau yang berjudul al-Maliki (Kamil al-Sina’ah al-Tibbyah) merupakan suatu ensiklopedia, yang didalamnya mengandung 400.000 pedoman dan terbagi menjadi 20 bagian, pada bagian ke-2 dan ke-3, beliau menguraikan antara lain tentang dietitik dan metri medika. Adapun tentang operasi yang terdiri dari 110 bab diletakkan pada bagian bab 19. Diantara pendapat beliau adalah tentang adanya kapiler dan kontraksi uterus, yaitu fetus yang tidak meninggalkan rahim dengan sendirinya. Kitab al-Maliki telah menjadi suatu kitab alternatif dari kitab Qonnun fi al-Tibb oleh Ibnu Sina.
Ibnu Rusydad (Averroes) 1126-1198 M
Beliau adalah seorang yang tekun dalam belajar. Ada riwayat yang mengatakan bahwa selama 35 tahun, beliau setiap harinya Kitab al Kuliah (General rules on medicine) yang berjumlah 16 jilid, merupakan hasil jerih payah beliau yang telah diwarisi orang-orang Eropa. Selain mendalami ilmu medis, beliau juga terkenal dengan ahli falsafah. Disitu beliau berusaha untuk mencoba mempertemukan falsafah dengan wahyu, akal dengan agama serta telah memperkokoh pendirian agama.
Farmasi atau Farmakologi
Untuk menjaga mutu, dosis obat-obatan, perundang-undangan khusus dan pemeriksaan serta pengawasan mutu, sering dilakukan didalam bidang farmasi. Kajian pengaruh obat pada hewan dilakukan untuk ujian “screening” dan juga untuk menentukan dosis yang sesuai (biossay).  Farmokopeia yang menceritakan tentang cara-cara pembuatan dan khasiatnya banyak dikelarkan oleh tokoh islam. Bentuk dan penyajian obat dapat dibuat secara merebus, penyulingan, membasuh, larutan, salep, sublimasi, dan lain-lain. Bahkan ada juga obat yang diberikan secara suposotori (melalui anus), dan juga melalui pundi kencing. Kitab-kitab yang terkenal seperti al Hawi (oleh al Razi, 830 jenis) Saydalah (oleh al Biruni, 850 jenis) al Mughnafi fi Adniyat al Mujradah (oleh al Bartar,140 jenis) al Qonnun oleh Ibnu Sina, 760 jenis, oleh al Kindi dan al Zahrawi banyak memuat uraian obat-obatan dan farmakologi.   


COMMENTS

Name

aktifitas,13,ar Risalah,1,cerpen,12,Dalwa English,1,dunia pesantren,13,fikroh,9,FORUM AL BASHIROH,3,Hadaf,8,ibroh,6,katalog,1,Khazanah,7,Lemka Dalwa,4,Ma'haduna,26,Mabhats,18,maklumat,17,Masail Diniah,12,Ngaji Hadits,7,Ngaji Tafsir,5,Ngaji Tasawuf,5,Nisa'una,4,Nutrisi & Gizi,2,Pena Dalwa,2,Psikosufi,7,resensi,15,Rijaluna,15,Sakinah,3,tau'iyyah,7,uswah,13,Wacana,10,Ų§Ł„Ų¹Ų±ŲØŁŠŲ©,9,
ltr
item
AL BASHIROH: SUMBANGAN ISLAM TERHADAP DUNIA MEDIS
SUMBANGAN ISLAM TERHADAP DUNIA MEDIS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMcmooWcXJ-nCF7WspCNWujMavGI7TvHb22kmgcPxPuCnn8XITH195YOPwBbcQE_lyH2hRGRjKqo8v0ERSxkVNeqVuXouV7rrYkD2pQdn7evtPBYiZwD_HD4R7U_1nMvh_UlcUuKA-xEBe/s320/capsules-close-up-color-208518.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMcmooWcXJ-nCF7WspCNWujMavGI7TvHb22kmgcPxPuCnn8XITH195YOPwBbcQE_lyH2hRGRjKqo8v0ERSxkVNeqVuXouV7rrYkD2pQdn7evtPBYiZwD_HD4R7U_1nMvh_UlcUuKA-xEBe/s72-c/capsules-close-up-color-208518.jpg
AL BASHIROH
http://elbashirohdalwa.blogspot.com/2019/01/sumbangan-islam-terhadap-dunia-medis.html
http://elbashirohdalwa.blogspot.com/
http://elbashirohdalwa.blogspot.com/
http://elbashirohdalwa.blogspot.com/2019/01/sumbangan-islam-terhadap-dunia-medis.html
true
3370491230413858173
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy